Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 15 Maret 2008

Berita terbaru Kecamatan Tenggarong Seberang

Samsuri Aspar Panen Raya di Tenggarong Seberang
Kamis, 06 Maret 2008
Sentra Pertanian Terpusat Pada 10 Kecamatan

TENGGARONG - Meski hujan deras mengguyur di Kecamatan Tenggarong Seberang pada Rabu (5/3) kemarin, tak menyurutkan pejabat di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dan warga setempat untuk bersuka ria melaksankan panen raya di Desa Bangun Rejo L III Teluk Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang.
Panen raya kemarin dipimpin langsung Plt Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar,MM didampingi Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso, serta unsur Muspida, kepala dinas-instansi, Camat Tenggarong Seberang dan sejumlah undangan lainnya.
Plt Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM mengaku bangga karena hasil panen di Kukar selama ini terus menunjukan peningkatan, bahkan Kukar menjadi lumbung pangan di Kaltim dengan kontribusi sebesar 40 persen dari total produksi Kaltim.
“Pemkab Kukar dari tahun ke tahun terus berupaya menaikan alokasi anggaran pembangunan untuk pengembangan bidang pertanian, sehingga secara bertahap permasalahan mendasar yang ada di bidang ini dapat diatasi dengan baik,”kata Samsuri dalam sambutannya.
Untuk peningkatan produksi beras nasional dan melestarikan Swasembada beras, menurutnya Pemkab Kukar terus mendorong peningkatan produksi padi dan perluasan areal tanam melalui percetakan sawah baru dan pengembangan teknologi.
Selain itu Samsuri Aspar mengatakan upaya mempercepat modernisasi pertanian khususnya pertanian tanaman pangan yaitu melalui pengembangan mekanisme pertanian, penyediaan sarana produksi dan pembangunan Rice Processing Unit ( RPU ) dengan kapasitas terpasang 5 ton beras per jam serta penetapan lokasi pengembangan padi sawah yang tersentra pada Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Loa Janan, Samboja, Anggana, Muara Kaman, Sebulu, Marang Kayu dan Kota Bangun.
Adapun luas panen padi sawah yang dilakukan hingga saat ini yaitu 41.333 hektar, yang dikerjakan kelompok tani Ngudi Kamulyan Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, dengan jenis padi SRI ( System of Rice Intensification )
Pada kesempatan itu Samsuri Aspar juga mengingatkan agar warga desa tetap menjaga situasi kondusif diwilayahnya masing-masing. “Jagalah terus suasana Kukar agar tetap kondusif, terlebih lagi dalam waktu dekat akan ada agenda besar yaitu pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan PON XVII dimana Kukar tuan rumah untuk 8 cabang olahraga (Cabor),”paparnya. (hmp04) www.dprdkutaikartanegara.go.id

Tidak ada komentar: