Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 07 Maret 2008

Sekilas perjalanan menuju ibu kota Kabupaten kutai Kartanegara, Tenggarong


Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan suatu kabupaten yang termasuk dalam salah satu kabupaten di Propinsi Kalimantan Timur. Propinsi Kalimantan Timur merupakan propinsi yang terletak paling timur dari pulau Borneo dengan ibukota Propinsi adalah kota Samarinda. Kalimantan. Propinsi ini selain berbatasan dengan propinsi-propinsi lain di Kalimantan sepertisebelah selatan berbatasan dengan propinsi Kalimantan selatan, sebelah barat berbatasan dengan propinsi Kalimantan tengah, namunjuga berbatasan langsung dengan Negara sahabat yaitu sebelah utara bebatsan dengan Negara Malaysia dan Negara Kerajaan Brunai Darusalam.

Untuk dapat mencapai ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu Kota Tenggarong dapat ditempuh dengan melalui jalan darat dan air. Jalan darat dapat dijangkau dengan menggunakan bis dari kota Balikpapan sekiatar kurang lebih dua setengah jam perjalanan untuk dapat sampai ke kota Samarinda. Kemudian dari Samarinda dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota dalam propinsi yang ditempuh selama kuarng lebih empat puluh lima menit. Perjalana dari kota Samarinda ini dapat ditempuh melalui dua jalan yang menghubungkan keduanya yaitu jalur pertama adalah dari Samarinda seberang melalui jalan loa janan dan alternative jalan yang kedua adalah melalui jalan menuju sebulu yang ditempuh dari samarinda kotanya.

Dua jalur perjalanan ini memiliki keistimewaan masing masing bila kita melewainya. Bila kita menggunakan jalur pertama yang melewati loa kulu kita akan menyusuri sungai Mahakam karena jalan ini berada persis di tepi sungai Mahakam yang tentunya seluruh Indoneseia sudah mengetahuinya ini. Dengan kita melewati jalan ini sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan sungai mahakam dan tentunya juga dengan berbagai aktivitas yang berda di sungai tersebut seperti kapal-kapal kecil, kapal kayu, bahkan juga kapal ponton yang merupakan kapal pengangkut emas hitam dari daerah-daerah pertambangan yang banyak berada di Kabupaten ini. Tak ketinggalan juga kita dapat melihat dan bahkan kalau sedang beruntung dapat membeli ikan-ikan air tawar langsung dari tambak milik masyarakat yang ada di sepanjang sunagi mahakam.

Jalur kedua tidak kalah menarik untuk kiata lewati. Jika kita menggunakan jalur ini untuk menuju koata Tenggarong kita akan melintasi kota Samarinda terlebih dahulu dan bila berkenan dapat pula sejenak berputar-putar untuk melihat-lihat ibu kota dari Propinsi Kalimantan Timur ini. Setelah keluar dari kawasan kota Samarinda kita akan melewati jalan yang menuju kawasan Transmigrasi separi, sebulu dan juga sampai muara Kaman. Namun jangan kawair terlebih dahulu dengan kelayakan dan kenyamanan perjalanan kita melalui jalan ini karena jalan ini sudah sejak lama beraspal dan cukup mulus dilewati kendaraan. Sesampai di kecamatan Tenggarong Seberang anda akan menemukan persimpangan jalan yang salah satunya menuju Kota Tenggerong sementara yang lain menuju separi dan sebulu. Di persinpangan jalan tersebut kita akan menjumpai gerbang yang memberitahukan kita bahwa kita akan menuju ke kota Tenggarong. Di jalur ini pada akhirnya sebelum kita memasuki kota Tenggarong kita akan melewati jembatan Mahakam yang melintasi sungai Mahakam dan dari atas jembatan tersebut kita dapat melihat pulau wisata yang sekarang menjadi ikon dan andalan pariwiasata dari Kutai Kartanegara yaitu Taman Wisata Pulau Kumala yang letaknya tepat di tengah-tengah sungai Mahakam. Setelah melewati jembatan mahakam yang pada malam hari pemandangannya tidak aklah menarik tersebut maka kita telah sampai di kota Raja Tenggarong, Kutai Kartanegara.
foto by www.kutaikartanegara.com